Diposkan pada Kelompok 241

Langkah Pertama Menuju Perubahan

Memasuki hari kedua di Kampung Singkup Desa Girijaya, dibawah gerimis yang manis, kami mengawali hari dengan melangkahkan kaki menuju ke sekolah MTs Karya Pembangunan pada jam 8:30-9:00 pagi untuk bersosialisasi dengan staff pengajar. Setelah kami berbincang dengan para staff, mereka memberitahu kepada kami bahwa terdapat 114 siswa disana. Mereka juga memberikan kami kesempatan untuk mengajar berbagai mata pelajaran dan melatih para siswa untuk mengikuti perlombaan pidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) dengan tema Sehat, Cerdas, dan Unggul dalam Globalisasi.img_1990

Kaki kecil kami melanjutkan perjalanan untuk sosialiasi kepada masyarakat dengan menuju Posyandu sekitar pukul 9:30-11:00. Dengan keikhlasan yang sederhana ini, kami membantu mereka dalam menjalankan program kewirausahaannya. Tak kenal maka tak sayang, itulah semangat yang ada di dalam jiwa kami, dengan melanjutkan menuju rumah ketua RW untuk bertatapmuka dan saling tegur sapa agar beliau mengenal kami dan kami mengenal beliau pada pukul 14:00-14:30.

Rumah, tempat dimana raga kami berlabuh, kami mendapatkan tamu-tamu mungil dari wilayah sekitar untuk berkenalan dengan kami. Betapa antusiasnya mereka ketika kami memberikan sebuah pelatihan singkat yang dapat meningkatkan kreatifitas dengan membuat karya sederhana dari bahan dasar kertas lipat di jam 14:30-16:00. Secara bersamaan, grup qasidah anak-anakpun datang kesini untuk meminta kami membantu mereka, karena mereka akan segera tampil dalam perlombaan.

“Jangan jadikan rumahmu bagaikan kuburan (karena tidak ada Alquran yang dibaca di dalamnya)” selalu terbesit dalam benak kami. Berusaha untuk mendekatkan diri pada Ilahi dalam sepi tanpa henti dengan sepenuh hati, dengan melaksanakan membaca surah Yasin secara rutin setelah selesai salat berjamaah di masjid. Tak lupa tertinggal, kunjungan ke rumah DKM Masjid sekitar untuk sosialisasi awal  dengan memaparkan maksud dan tujuan kami berada disini pada pukul 20:00-21:00, dengan penuh canda tawa kami berbincang banyak hal, beliau banyak menasehati kami diiringi dengan cerita tentang KKN sebelumnya, tak tertinggal juga, diselingi humor asik yang menggelitik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s